Cara Submisi komik ke penerbit

Cara Submisi komik ke penerbit

Cara Submisi Komik Ke Penerbit

Halo semuanya!

Mau tahu bagaimana cara submisi komik ke penerbit dan proses penerbitan suatu komik cetak di Indonesia dari awal sampai terbit? Saya beri gambaranya ya! Saya akan ambil contoh penerbit M&C koloni. Bukan official ya, hanya gambaran yang berdasarkan pengalaman saya 🙂

Sampai saat ini M&C koloni sudah menerbitkan lebih dari 80 buku komik dari komikus Indonesia. (Jika saya lihat dari situs m&c bagian komik koloni)

 

 

Cara Submisi Komik Ke penerbit m&c

Pertama-tama komikus mengirim submisi ke penerbit, untuk penerbit m&c koloni sarat submisi diantaranya adalah. (sumber)

  1. Judul komik (dengan logo lebih baik)
  2. Logline atau sinopsis cerita yang di rangkum menjadi 1 kalimat.
  3. Moral cerita.
  4. Sample komik minimal 1 chapter.
  5. Pengenalan karakter baik yg sudah tampil maupun yg belum tampil bila ceritanya bersambung (lebih baik dengan desain gambar karakternya)
  6. Ringkasan cerita, per chapter hingga tamat.
  7. Karangan minimal 1 paragraf kenapa alasan komik kalian harus diterbitkan oleh m&c koloni.
  8. Setelah semua persyaratan lengkap kirim dalam bentuk pdf / doc ke komikkoloni@gmail.com atau ke dalam bentuk DVD dan kirim ke alamat
    • Redaksi komik koloni, gedung kompas gramedia lantai 3 Jalan palmerah barat 29-37 Jakarta Pusat 10270

Setelah submisi, naskah dan persyaratanya akan di cek oleh penerbit. Bila diterima akan langsung di hubungi dan di undang untuk tanda tangan kontrak, bila belum diterima biasanya diberi rekomendasi lain seperti dicoba dulu di situs online.

Faktor tambahan yang bisa membantu agar komiknya lolos adalah.

  1. Fanbase (banyak yang suka) (tidak dilihat jumlah yang tidak suka).
    • Dilihat dari jumlah orang yang terlibat di fanpage, bukan hanya jumlah like pada fanpage bila ada.
    • Jumlah subscriber dan respon pada situs online yang menyediakan komik versi onlinenya bila ada.
    • Hasil sebelumnya bila si komikus pernah menerbitkan komik.
  2. Potensi.
  3. Semangat sang komikus.

Cara Submisi Komik Ke penerbit m&c

Untuk Tiap Detik dulu ada di Komik online terlebih dahulu, baru di kirim submisi sesuai dengan persyaratan yang ada, kemudian setelah 1 bulan lebih baru ada jawaban. Saya sendiri untuk komik dulu saya cetak sendiri dan mencoba jual di event comifuro sebelum mencoba submisi Tiap Detik.

Setelah diterima, akan di utus satu editor untuk menangani komik tersebut, editor bertugas untuk memberi rekomendasi perbaikan-perbaikan cerita dan gambar pada komik tersebut, beserta dengan deadline kapan harus selesai semua.

Setelah perbaikan gambar dan cerita selesai, naskah dikirim ke editor untuk di beri typografi sesuai dengan font dan layout M&C. (makanya lebih baik naskah yg dikirim textnya bisa diubah dalam bentuk psd atau baloon textnya blank dalam bentuk tiff).

Jika sudah tidak ada lagi yang perlu di perbaiki menurut staff m&c maka komik akan di masukan kedalam antrian jadwal terbit (biasanya satu bulan kemudian setelah selesai). Jika penjualanya bagus atau masih memiliki potensi akan dilakukan cetak ulang dan di berikan kesempatan untuk menerbitkan volume berikutnya. Karena bagaimanapun penerbit adalah sebuah perusahaan yang harus membayar gaji pegawai dan biaya operasi lainya, karenanya penjualan tetap menjadi nomor satu, bagusnya komikus juga aktif mempromosikan karyanya tidak selalu menunggu dipromosikan orang lain atau penerbit.

Untuk faktor royalti biasanya dibayarkan 3 atau 6 bulan sekali sebesar 10% dari harga buku, di potong pajak penghasilan sebesar 15% dan dipotong lagi pajak pertambahan nilai 10% dan saya belum hitung penuh tapi sepertinya ada 10% lagi pajak dari total royalti (peraturan pemerintah). Seperti contoh bila total penjualan adalah 100 ribu rupiah maka yang diterima komikus adalah 6885 rupiah (dikurangi 15% kemudian hasilnya dikurangi 10% [kemudian hasilnya dikurangi 10%] (yg pengurangan terakhir masih dugaan))

Untuk pertama kali terbit ada pembayaran uang muka yaitu  senilai setengah atau seperempat total penjualan buku yang terbit, contoh bila komikus dalam cetakan pertamanya mencetak 10 ribu buku, komikus akan mendapatkan hasil dari penjualan 5000  / 2500 buku sebelum buku tersebut terjual.

Nah ayo coba kirim karya kamu!

Tiap Detik volume 1 bisa dipesan online di : http://www.gramedia.com/tiap-detik.html 

atau dapatkan di toko buku gramedia terdekat.

Tiap Detik volume 2 bisa di pesan online di : http://www.gramedia.com/tiap-detik-02.html

Share